Categories
Uncategorized

Air Terjun Pantai Jogan, Aktivitas, Harga Tiket, Akses

Hanya dengan namanya, Anda bisa menebak bahwa air terjun ini terletak di pantai Jogan. Dimanakah Pantai Jogan? Nah, Air Terjun Pantai Jogan ada di Tepus, Gunung Kidul. Air terjun ini terletak di lokasi yang tidak jauh dari Pantai Siung.

Penasaran dengan air terjun fenomenal ini? Sebelum berkunjung ke sana, ada baiknya Anda membaca artikel berikut.

Akses ke air terjun Pantai Jogan

Akses ke air terjun Pantai Jogan sama dengan pergi ke Pantai Siung. Bedanya, jalur menuju Pantai Jogan masih berupa drywall dan belum diaspal seperti jalur menuju Pantai Siung.

Perjalanan ke Pantai Jogan, jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, membutuhkan waktu sekitar dua jam dari kota Jogja. Jalan menuju pantai cukup mudah. Anda dapat mengendarai kendaraan Anda di Jalan Wonosari ke bilik pembayaran Pantai Siung. Dari sini, Anda memiliki sedikit lebih banyak. Sekitar 400 meter dari kios, ada tanda untuk Pantai Jogan.

Rute yang biasa adalah dari Jogja ke Piyungan dan kemudian ke Patuk. Setibanya di Patuk, lanjutkan perjalanan ke Wonosari Square. Dari sana, pergi ke persimpangan setelah Jembatan Sirak, lalu belok kanan. Setelah mencapai pasar Semanu, pergi ke selatan menuju Pelvis. Lanjutkan perjalanan hingga Anda mencapai Pos Kompensasi Pantai Siung.

Baca juga : Sewa Bus Semarang

Harga tiket masuk ke air terjun Pantai Jogan

Memiliki fitur yang unik dibandingkan dengan pantai lain di Gunung Kidul, biaya masuk ke pantai ini sama dengan yang lainnya. Biaya masuk ke pantai ini adalah 3.000 rupee. Untuk kendaraan roda dua yang Anda gunakan, ada juga biaya parkir. Biaya parkir hanya 2.000 rupee.

Aktivitas Air Terjun Pantai Jogan

Selain bisa menikmati keindahan air terjun yang langsung bertemu samudera, Anda bisa menikmati Samudra Hindia yang indah dari kejauhan. Gelombang dan angin laut dapat meningkatkan suasana hati yang buruk.

Anda juga bisa menikmati aliran air terjun Pantai Jogan di bawah tebing, terutama saat laut surut. Di bawah air terjun ini, Anda dapat menikmati kesegaran air terjun di bebatuan yang memiliki pasir.

Hati-hati saat turun, ya. Jalannya cukup licin dan curam. Tapi jangan khawatir, manajer telah memberi Anda pegangan sehingga Anda tidak terpeleset saat jatuh.

Baca juga : Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam

Nah, bagi Anda yang ragu turun karena khawatir airnya asin. Tenang saja. Air terjun ini terbuat dari air yang sangat segar dan tidak memiliki rasa asin. Air terjun adalah air terjun yang berasal dari sungai yang tidak terkontaminasi dengan air laut.

Pada saat air pasang, itu tidak dapat diturunkan karena batu itu terendam air laut. Cara lain untuk menikmati air terjun ini adalah dengan berdiri di tepi tebing di sekitar air terjun.

Pesona air terjun Pantai Jogan memang tak terhindarkan. Untuk datang dan menikmati air terjun di sini, hal yang paling indah adalah ketika musim hujan tiba. Aliran air yang besar membuat aliran air di air terjun ini cepat.

Jika Anda datang ketika musim kemarau tiba, air terjun di Pantai Jogan ini memiliki debit air yang cukup sedikit. Karena itu, kurang terampil untuk dilihat.

Apakah Anda sudah memiliki ide tentang Pantai Jogan setelah membaca artikel ini? Semoga artikel tentang Air Terjun Pantai Jogan ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *