Categories
Uncategorized

Candi Prambanan, Harga Tike, Akses, Aktivitas

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun di daerah yang sangat luas. Tidak mengherankan bahwa Prambanan dibangun di daerah yang luas mengingat Prambanan memiliki 240 candi. Setiap candi memiliki patung yang memiliki makna berbeda.

Apakah Anda ingin tahu cara mengakses Candi Prambanan dan berapa harga tiket masuk? Temukan jawabannya di bawah ini. Sebelumnya, buat kamu yang butuh info Paket Wisata Jogja dapat cek di tripjogja.co.id ya.

Akses ke candi Prambanan

Candi Prambanan atau yang biasa disebut Candi Roro Jonggrang terletak di desa Karangasem, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah. Di sisi timur Candi Prambanan adalah Sungai Opak.

Nama candi Hindu terbesar digambarkan dari nama lokasinya, yaitu Prambanan. Sementara itu, nama Roro Jonggrang diberikan oleh warga setempat.

Jika Anda ingin pergi ke Candi Prambanan, Anda dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Untuk kendaraan pribadi, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda ke jalan Jogja-Solo. Di sepanjang jalur Solo, Anda akan menemukan pintu yang bertuliskan Candi Prambanan. Di sisi kiri jalan adalah Candi Prambanan.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan bus Yogyakarta dengan Rute 2B dari Terminal Jombor ke Terminal Condong, kemudian Rute 3B dari Terminal Condong ke Maguwo (Jalan Solo), dan kemudian Rute 1A / B dari Maguwo ke Prambanan . Tiket bus Trans Jogja sendiri adalah Rp3.500.

Ada tiga area utama yang terletak di halaman utama Candi Prambanan, yaitu Kuil Wisnu, Brahma, dan Siwa. Kedua candi Wisnu, Brahma dan Siwa ini, ketiganya adalah simbol Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Mereka semua menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki candi yang menyertai ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma dan Garuda untuk Wisnu. Juga, ada 2 kuil, 4 kuil warna dan 4 kuil sudut. Di area kedua, ada 224 candi.

Biaya masuk ke candi Prambanan

Sementara itu, untuk memasuki area Candi Prambanan, Anda perlu membeli tiket masuk Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 12.500 untuk anak-anak. Biaya parkir untuk candi ini adalah Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp3.000 untuk mobil.

Ada legenda yang selalu diceritakan orang Jawa tentang candi Prambanan yang perlu Anda ketahui. Menurut cerita, ada seorang pria bernama Bandung Bondowoso yang mencintai Roro Jonggrang. Untuk menolak cintanya, Jonggrang meminta Bondowoso untuk mengubahnya menjadi kuil dengan 1.000 patung hanya dalam satu malam.

Permintaan itu hampir terpenuhi ketika Jonggrang meminta penduduk desa untuk menumbuk beras dan membakarnya agar tampak seperti fajar. Merasa tertipu, Bondowoso yang hanya menyelesaikan 999 patung mengutuk Jonggrang menjadi patung keseribu.

Aktivitas di Candi Prambanan

Apa yang dapat Anda lakukan saat berada di candi Prambanan?

  1. Mengamati bangunan

Anda bisa melihat bangunan kuno di candi Prambanan. Setiap bangunan atau relief di candi ini memiliki filosofi sejarah.

  1. Lihat teater Ramayana

Anda juga dapat melihat teater terbuka di sebelah barat kompleks candi Prambana, Balet Ramayana, yang terkenal sebagai drama tari paling spektakuler di Jawa.

  1. Nikmati matahari terbenam

Menikmati matahari terbenam di Cndi Prambanan sangat menyenangkan. Anda bisa melihat senja yang ingin terbenam di kuil ini.

Nah, jika Anda sudah berada di Jogjakarta, rasanya sayang sekali melewatkan destinasi wisata Candi Prambanan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *