Categories
Uncategorized

Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Dengan Pemandangan Menawan

Sampai sekarang, Bogor selalu menjadi tujuan favorit bagi penduduk Jabodetabek selama tur atau saat untuk menghilangkan kepenatan dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Banyaknya pilihan wisata yang ditawarkan dan jarak yang tidak jauh dari ibu kota adalah salah satu poin positif dari Kota Hujan ini. Terlebih lagi, Bogor juga terkenal dengan potensi wisata alamnya yang indah, dan Anda masih belum merasa seperti afdol jika Anda belum mengunjungi beberapa wisata air terjun yang ada. Dari sekian banyak wisata air terjun di kota Talas, air terjun Leuwi Hejo harus dimasukkan dalam rekomendasi wisata alam yang patut dikunjungi di Bogor.

Curug Leuwi Hejo atau Curug terletak di Desa Cibadak, Kabupaten Sukamakmur, Sentul, Bogor. Sekitar satu setengah jam dari pusat kota Bogor dan sekitar empat jam dari Jakarta. Dari Sentul, ambil arah ke Jungleland dan kemudian belok ke Desa Cibadak. Karena aksesnya cukup kecil dan ekstrem dan tidak ada angkutan umum ke Curug Leuwi Hejo, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi dengan kondisi motor yang baik. Dalam perjalanan dari desa Cibadak ke air terjun, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pohon-pohon yang sangat indah dari ketinggian. Angin sepoi-sepoi yang masih indah juga menambah keindahan seluruh pemandangan yang terlihat.

Setibanya di Curug Leuwi Hejo, seorang petugas parkir akan menyambut Anda dan Anda perlu membayar Rp 10.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 15.000 untuk mobil. Anda juga harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 15.000 per orang. Setelah itu, Anda dapat memarkir kendaraan pribadi Anda di berbagai tempat parkir yang tersedia. Semakin jauh lokasi parkir, semakin dekat ke pintu masuk air terjun Leuwi Hejo. Meskipun ada beberapa tempat parkir terpisah, jangan parkir di mana pun!

Setelah memarkir kendaraan, Anda harus berjalan sekitar lima menit untuk mencapai lokasi air terjun Leuwi Hejo. Meskipun kenaikan tersebut merupakan kenaikan, manajemen telah memberikan jejak yang disemen sehingga tidak perlu khawatir akan tergelincir. Sepanjang jalan menuju air terjun, Anda sudah mulai mendengar suara gemericik air dengan banyak pohon dan pedagang yang menjual berbagai makanan ringan di sudut-sudut.

Jika ditafsirkan dalam bahasa Sunda, curug berarti air terjun, leuwi diartikan sebagai kolam atau kolam, sedangkan hejo memiliki makna hijau. Sesuai namanya, ketika Anda tiba di lokasi air terjun Leuwi Hejo Anda akan melihat air terjun dengan pola kehijauan yang berasal dari batu-batu besar di sepanjang air terjun. Suara gemericik air yang mengalir di antara bebatuan dengan banyaknya pepohonan hijau di sekitar air terjun menambah keindahan air terjun ini. Kedalaman air terjun juga bervariasi, reses terdalam lebih dekat dengan air terjun dan semakin banyak. Karena koneksi terdekat ke air terjun cukup dalam, pemerintah juga menyediakan beberapa tali yang terhubung di antara batu-batu besar, sehingga tidak perlu khawatir tentang hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda sudah merasa lelah bermain air di air terjun Leuwi Hejo, Anda tidak perlu khawatir. Di sekitar air terjun ada beberapa warung camilan yang menjual mi instan, bakso, gorengan, dan aneka minuman mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 15.000. Jika Anda ingin mandi dan beribadah, manajer juga menawarkan kamar mandi umum dan ruang doa. Air terjun Leuwi Hejo buka mulai pukul 06:00 hingga 17:30.

Yang menarik dari air terjun Leuwi Hejo adalah bahwa ada empat air terjun lain yang saling berhubungan dan masih dalam satu area, yaitu Leuwi Cepet, Leuwi Lieuk dan Curug Barong. Untuk sampai ke Leuwi Cepet dan Leuwi Lieuk, yang sering disebut sebagai “Green Canyon of Bogor”, Anda harus menempuh perjalanan tindak lanjut satu kilometer dengan kondisi jalan yang cukup curam dan menanjak. Karena administrator curug yang berbeda, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 IDR per air terjun yang dikunjungi.

Mengunjungi air terjun Leuwi Hejo harus menjadi salah satu daya tarik alami untuk dikunjungi jika Anda berada di Bogor, terutama bagi Anda yang suka bermain di air yang sejuk dan jernih dikelilingi oleh pemandangan panorama dan pemandangan yang indah. Jadi apa, saya tidak sabar untuk terjun ke air terjun Leuwi Hejo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *