Categories
Uncategorized

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memakai Parfum yang Benar

Menurut catatan sejarah, penggunaan parfum sudah ada sejak zaman Mesir Kuno, dan dahulu dipakai untuk kebutuhan ritual. Sampai sekarang, parfum masih terus berkembang dan dirancang untuk keperluan menambah daya tarik sekaligus membuat orang lain merasa nyaman saat berada dekat kita.

Orang-orang berupaya memilih parfum dengan aroma yang pas dengan tubuhnya. Secara bersamaan, mereka juga berharap agar aroma tersebut dapat memikat orang lain agar senang berinteraksi dengannya. Memang, keinginan tersebut merupakan hal wajar karena indera penciuman kita dibangun untuk menikmati aroma-aroma yang kita nilai menarik.

Namun, terdapat segelintir hal untuk kita ketahui sebelum menggunakan parfum supaya tidak mengganggu orang lain. Pastinya Anda pernah bukan tidak nyaman saat mencium aroma parfum dari orang lain hingga mengalami sakit kepala? Oleh karena itu, ada aturan tertentu yang perlu Anda ikuti supaya bisa tepat dalam mengenakan parfum. Kita bahas bersama-sama, yuk!

Awali dengan Memilih Aroma Parfum yang Tepat

Langkah pertama untuk dipahami bersama adalah semua parfum tidak didesain dengan aroma yang sama. Telitilah dalam memeriksa aroma parfum agar pas dengan Anda. Saat mencoba parfum di toko, perlu waktu untuk melihat adaptasi parfum terhadap tubuh Anda. Kami sarankan Anda menyemprotkan ke pusat nadi tubuh yang menghasilkan panas, misalnya pergelangan tangan dan bagian siku dalam.

Setelah menyemprotkan parfum, ambillah waktu sekitar 15 – 30 menit untuk menilai aroma inti parfum yang keluar. Agar tidak memakan waktu lebih lama, tanyakan terlebih dulu dengan pekerja toko untuk memperoleh saran terbaik. Bila ingin mengeceknya secara online, ada banyak parfum terbaik untuk pria di pickybest.id yang  mungkin cocok dengan Anda.

Bila disediakan tester parfum, manfaatkan fasilitas tersebut agar Anda tidak merasa dirugikan akibat keliru memilih produk. Parfum yang terjejer di counter tentulah banyak, namun tidak dianjurkan untuk mencoba semuanya meskipun terdapat banyak sediaan tester.

Aspek lain untuk ditinjau saat memilih parfum adalah jenisnya. Secara garis besar, ada tiga macam parfum, yaitu eau de cologne, eau de toilette, dan eau de parfum. Eau de cologne adalah parfum yang menggunakan minyak esensial sekitar 5%, aromanya tahan sekitar 2 jam, dan tersedia banyak pilihan aroma yang berkesan youth.

Jenis parfum lain adalah eau de toilette, merupakan wewangian yang menawarkan ketahanan aroma antara 4 – 6 jam. Eau de toilette banyak digunakan untuk banyak keperluan, termasuk bekerja ataupun kuliah. Eau de toilette mempunyai aroma yang cukup kuat karena tersusun dari parfum murni lebih banyak.

Terakhir adalah eau de parfum, jenis parfum yang paling wangi dan tahan lama, yakni antara 6 – 8 jam. Eau de parfum menggunakan 30 – 40 persen parfum murni dengan kandungan alkohol paling sedikit. Karena tinggi akan minyak esensial, harga eau de parfum lebih mahal dari dua jenis sebelumnya.

Penggunaan Parfum yang Benar untuk Aroma Lebih Tahan Lama

Salah mengaplikasikan parfum dapat membuat aromanya cepat menguap, dan Anda bisa rugi karenanya. Para ahli telah melakukan penelitian dan menemukan adanya titik-titik tertentu pada tubuh yang bisa memerangkap aroma parfum lebih lama. Beberapa di antaranya adalah pusat nadi, siku dalam, bawah leher, belakang telinga, dan punggung bawah.

Sebagian orang juga terbiasa menyemprotkan parfum ke rambut. Bila Anda ingin mencobanya, pastikan parfum yang Anda miliki sedikit kandungan alkoholnya. Sebab, jika kandungan alkohol parfum tinggi, rambut akan mengalami kerusakan apabila terpapar alkohol dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *